April 21, 2008♥
SPEEDY (KOK BISA SEEEH ???)
Sempet ga' beredar di hari Jum'at kemarin gara-gara "
SPEEDY".
Bukan karena lelet tapi gara-gara tagihan speedy yang membengkak jadi 1 jutaan.
KOK BISA SEEEH ???Seperti biasa di hari Jum'at, pagi hari dilewati dengan rapat cash flow di kantor.
cat's paling stress kalo udah ngadepin yang namanya rapat, pusing liat angka-angka and belum lagi kalo si Bozz lagi "Dapet" (PMS) wuiiiii, bisa langsung hypertensi aja judulnya.
Sebelum rapat ama big boss, biasanya cat's ketemu dulu sama kabag keuangan. Sekedar recheck dulu bahan rapat, hitung-hitung cash basis buat minggu depan. Lah pas ngebaca rencana out flow, mata cat's melotot se-lotot-lototnya ngelihat tagihan speedy yang angka-nya membengkak jadi 1,06 jt.
"HAAAAHHH...!!!"
Waduh, bakalan habis neh diomelin, secara beberapa bulan yang lalu juga sempet membengkak jadi 1,3 jt. Marahnya aja serasa ngeruntuhin langit keatas kepala...
Mampusssss...
Akhirnya berinisiatif untuk nge-print pemakaian speedy selama sebulan.
Sekedar pengen liat jumlah pemakaian, and kira-kira apa seh yang membuat tagihan membengkak jadi segini.
Loh... ?
Kok Bisa... ?
Laaahhhh ?????
Setelah print out dibaca, diteliti...
Kok ada yang ganjil ya...
Kok ada pemakaian diatas jam kantor.
LAAAHHHHH, ini lagi...
Kok bisa ada pemakaian jam
3 pagi.... ???
Kan kantor baru buka jam 8 and tutup jam 5 sore, kok bisa ada data pemakaian (untuk download lagi) jam
19, 20, 21, 22, 23, 00, 01, and 03.00 WIB alias jam 3 pagi.... ????
Pemakaiannya gedhe-gedhe lagi....
Waaaahhhh, ga' beres neh kaya'nya.
Coba nanya lewat telpon 147 hasilnya ga' memuaskan, malahan kita disuruh ke kantor telkom terdekat.
Aaaaaaarrrrggggghhhhhhhhh.....
Bener juga, pas ketemu big boss langsung aja kena damprat and sempet berantem dikit, kok berani seh berantem ama boss ? Lah iyalah, secara big boss-nya kakak kandung sendiri, lah ini kan perusahaan keluarga.
Akhirnya dapet tugas mendadak untuk menyelesaikan masalah ini.
After meeting, pergilah cat's ke kantor telkom Margoyoso (Surabaya).
Ambil nomer antrian, aaahhhh, lagi-lagi nyebelin.
Segitu banyaknya counter, cuma ada satu counter aja yang ngurusin masalah pengaduan (Cust Service).
Oalah, kok nyebelin toh ya...
Akhirnya, tiba giliran cat's.
"Selamat siang , ada yang bisa dibanting, eh dibantu ?""Siang, mbak ini saya mo complain soal tagihan speedy, hasil print out pemakaian, kok ada yang ga' masuk akal, banyak pemakaian diatas jam kantor...bla..bla..bla...""Yakin modem tidak dalam keadaan menyala, saat meninggalkan kantor ?""Yaaakkkiiiiiinnnnn""Yakin tidak ada PC lain yang bisa mengakses ?"(wah, nyari gara-gara nih cs)"Yakin, karena saya yang pegang kunci kantor""Mungkin karyawan mbak yg lain ada yang punya akses baik itu komputer atau password speedy ?"(waaaah, ngajak berantem nih org)"Mbak, gini ya. Saya sudah capek ngurusin hal sepele kaya' gini. Dari tadi sudah saya sampaikan, ini semua ga' bisa kami terima karena kenyataannya kantor tutup jam sekian buka jam sekian. Dulu awal mulanya kita ambil paket speedy yang sekian bytes karena sering kelebihan ibarat prosentase 100 selalu berlebih sampai 200 makanya kita ganti paket speddy-nya dengan yang 200, dengan harapan tidak akan ada lagi kelebihan bytes, tapi kenyataannya sekarang ibarat 200 jadi lebih sampai 300. Setelah kami check ternyata banyak sekali pemakaian baik itu download maupun upload data dengan bytes yang besar tapi semua itu terjadi diatas jam kantor, sekurang-kurangnya kerjaan pegawai saya, kalaupun mereka bisa masuk kantor, mereka tidak punya akses untuk membuka internet, jangankan internet, password untuk membuka komputer saja mereka tidak punya, lagian siapa juga yang mau masuk ke kantor jam 3 pagi, jam 1 siang aja horror, trus mbak mo bilang apa lagi, apa ga' sekalian aja bilang jangan-jangan jin-nya kantor yang pake internet. Tolong ya mbak jangan cari-cari alibi lagi soal ini, saya seharian sudah pusing, banyak urusan yang lain yang lebih penting, jadi tolong kalau memberi pertanyaan jangan aneh-aneh.""Maaf mbak, sebelumnya kami minta maaf atas ketidaknyamanan ini, tapi kami perlu memastikan dulu apakah benar tidak ada kesalahan dari pihak pelanggan.""Kalau dari awal kami yakin ini kesalahan kami, saya ga' perlu capek-capek ngantri kesini, nunggu dipanggil, mana counter pengaduan cuma satu lagi."
"Begitu terima tagihan, langsung bayar ! Beres toh !!!" (eh moh sie jadinya)"Baiklah, kalau begitu silahkan mbak isi formulir pengaduan dulu dan berkas-berkas yang harus dilengkapi disiapkan, setelah kami terima akan segera kami proses"Haaa ???
AAaaaaaarrrrggggggggggghhhhhhhhhh....
Dari tadi ngomel, ngomong panjang lebar hasilnya
"Isi dulu form pengaduan"Kelaut aje bu'...
Oalah, capeeeee ddduuueeeehhh...
Nyebelin banget seh telkom neh...
Ah, sutralah...
Daripada bikin stroke.
Ikutin dulu aja maunya...
Dengan terpaksa tagihan yang ada harus dibayar terlebih dahulu dengan perjanjian, jika data tersebut adalah murni kesalahan Speedy, akan dikembalikan selisih uang yang telah dibayarkan secara cash/tunai, dan jika kesalahan murni pada pelanggan, tetap tagihan tersebut menjadi tanggung jawab pelanggan tapi pihak telkom speedy akan memberi solusi yang terbaik yakni menawarkan paket unlimited (750.000,00/bln).
That's all.
Puasssss ???
Ya enggak laaaaahhhhhhh....
Kok sepele banget jalan keluarnya.
Kakak cat's pernah mencoba berbagi pengalaman soal ini lewat salah satu FM radio station di Surabaya online (
Radio Suara Surabaya/SS FM), hasilnya cukup mencengangkan.
Ternyata banyak sekali pengaduan soal tagihan speedy (kasus yang sama) sebelumnya.
Dan rata-rata mereka semua juga tidak puas dengan pelayanan telkom speedy soal ini.
Selalu jalan terakhir yang ditawarkan telkom
"Ganti saja dengan paket yang unlimited !".
Kok segampang itu, kok gampang banget memberi solusi.
Atau jangan-jangan ini akal-akalan telkom speedy. Marketing Tricks, dengan cara me-mark up data tagihan pelanggan, sehingga tagihan membengkak (karena mungkin tidak semua pelanggan melakukan cross check melalui print out) kemudian jika ada pengaduan, mereka akan bilang ini bukan kesalahan Speedy dan akhirnya menawarkan solusi agar pelanggan mengambil paket yang lebih mahal (unlimited, sekitar 750 ribu per bulan) agar tidak terjadi lagi kasus yang sama. Otomatis penjualan sukses ???
Go to Hell aja deh sono...
Wah, kalau memang iya ini sebagian dari trick marketing, ga' bener banget cara kaya' gini, sama saja dengan menipu pelanggan.
Karena dari hasil survey, ternyata banyak pelanggan speedy yang akhirnya mengambil paket unlimited agar kasus seperti ini tidak terjadi lagi...
Gimana seh, kok segitu gampangnya yaaa...
Au ah, pusing...
cat's cuma mau ngingetin buat teman-teman yang jadi pelanggan telkom speedy untuk lebih berhati-hati !!! Usahakan sebelum membayar tagihan speedy ada baiknya kalau di print dulu informasi pemakaian speedy selama sebulan, diteliti lagi supaya kasus serupa tidak terjadi pada semua pelanggan speedy. Karena kenyataannya, pihak telkom speedy memberikan pelayanan yang kurang menyenangkan dan solusi yang ditawarkan lebih mengarah pada keuntungan mereka sendiri daripada kepuasan pelanggan.
Gimana tanggapan teman-teman soal ini ?
Atau mungkin teman-teman pernah mengalami kejadian/kasus serupa ?
Apa kira-kira solusinya ?
|